Senin, 09 Juli 2018

Cara Memaksimalkan Perkembangan Bayi 7 Bulan

Mengawasi proses perkembangan bayi 7 bulan menjadi saat-saat yang sangat membahagiakan bagi orang tua. Memasuki usia 7 bulan bayi sudah mulai menunjukkan banyak perkembangan yang tentu akan membuat orang tua tak ingin melewatkan sedetikpun kesempatan untuk melihatnya. 

Bayi usia 7 bulan memasuki masa dimana kemampuan motoriknya semakin berkembang. Anak juga mulai banyak mengenal lingkungan di sekitarnya. Rasa ingin tahunya menjadi semakin berkembang seiring dengan bertambahnya usia dan berkembangnya kemampuan motorik si anak.

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran yang sangat penting dalam mengiringi perkembangan anak Anda. Kelancaran perkembangan anak juga dibantu oleh peran orang tua. Agar perkembangan anak berjalan lancar, orang tua perlu memberikan rangsangan atau stimulus diiringi dengan kasih sayang kepada anak.



Cara Merangsang Perkembangan Bayi 7 Bulan

Rangsangan yang diberikan orang tua untuk anak harus disesuaikan dengan usia si anak itu sendiri. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara orang tua memberikan rangsangan yang tepat agar perkembangan anak menjadi maksimal sesuai apa yang diharapkan.

Berikut adalah beberapa macam perkembangan bayi 7 bulan dan stimulus seperti apa yang bisa diberikan oleh orang tua :

  • Pada usia 7 bulan, bayi akan gemar mengangkat dan menurunkan bokong serta punggung sambil bergoyang-goyang. Ini merupakan salah satu usaha bayi untuk bisa merangkak. Kemampuan merangkak biasanya muncul ketika bayi berusia 8 hingga 10 bulan namun ada juga yang sudah mulai bisa merangkak di usia 7 bulan. Sebagai orang tua, Anda bisa membantu perkembangan bayi Anda pada tahap ini. Anda bisa meletakkan bayi Anda dalam posisi tengkurap di karpet maupun lantai yang bersih. Posisi ini akan membuat bayi menjadi lebih terangsang untuk bergerak ke depan atau merangkak secara perlahan. Untuk memberikan motivasi pada bayi, Anda bisa meletakkan mainan atau benda favorit bayi Anda di depannya. Pelan-pelan, Anda bisa mendorong bayi Anda agar ia terangsang untuk bergerak ke depan dan mendapatkan mainan atau benda favoritnya tersebut. Selain menggunakan mainan atau benda favorit, Anda juga bisa menarik perhatian bayi untuk semangat bergerak ke depan dengan menggunakan suara. Buatlah suara-suara menarik sehingga bayi terangsang untuk bergerak mendekati asal suara.


  • Pada usia 7 bulan, bayi bisa mulai diberi motivasi untuk makan makanannya sendiri. Anda bisa menyediakan finger food seperti wortel rebus atau biskuit. Dudukkan bayi Anda dan biarkan ia meraih makanannya sendiri agar ia belajar untuk memasukkan makanannya ke dalam mulut. Selain merangsang bayi untuk makan sendiri, Anda juga bisa mengajak bayi untuk berlatih minum. Sediakan cangkir agar bayi Anda bisa belajar untuk meraih cangkir dengan tangannya sendiri. Jika takut anak akan tersedak, maka tidak perlu mengisi cangkir dengan air minum. Cukup biarkan anak berlatih menggenggam dan mengangkat cangkir dengan tangannya sendiri.


  • Ketika bayi memasuki usia 7 bulan, bantulah bayi Anda untuk mengenal warna-warna dengan melihat buku cerita berwarna misalnya. Rangsangan ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain warna, Anda juga bisa memberi rangsangan berupa suara. Nyanyikan lagu-lagu anak sesering mungkin sehingga anak akan lebih peka pada suara.


Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda di setiap tahap usia yang mereka lewati. Anda tentu saja tidak bisa menyamakan perkembangan satu anak dengan anak yang lain karena ada waktunya masing-masing. Jadi, sesuaikan saja rangsangan yang Anda berikan dengan perkembangan yang sedang dilewati anak Anda.

Kesabaran menjadi kunci penting dalam mengiringi perkembangan anak Anda. Jangan memaksakan anak untuk berkembang melebihi kemampuannya. Biarkan anak berkembang sesuai kemampuan yang ia miliki secara perlahan. Tugas Anda hanya membantu memaksimalkan apa yang sedang coba dilalui oleh anak Anda.

Memberikan stimulus kepada anak memang akan membantu memaksimalkan perkembangan anak. Namun itu saja tidak cukup. Anda juga perlu memberikan asupan nutrisi seimbang agar perkembangan anak menjadi maksimal. Selain lewat makanan, asupan nutrisi juga bisa diberikan lewat pemberian susu formula.

Bebelac menjadi produk susu formula pilihan untuk mendukung perkembangan bayi Anda di setiap tahap usia. Rangsangan yang tepat dari orang tua, makanan yang bergizi, ditambah nutrisi dari susu Bebelac akan membantu memaksimalkan perkembangan bayi 7 bulan dan di usia-usia selanjutnya.


EmoticonEmoticon