Rabu, 04 Juli 2018

HP Samsung Milikmu Asli Atau Palsu? Yuk Cek!

Samsung sebagai salah satu merek smartphone di dunia sudah pasti memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Hampir semua orang mengenal dan menggunakan HP Samsung ini, tidak terkecuali di Indonesia sendiri. Brand asal Korea Selatan ini memang selalu memberikan kecanggihan-kecanggihan teknologi yang baru, yang bisa memudahkan penggunanya. Maka tidak heran jika banyak digunakan di berbagai belahan dunia.



Laris manisnya HP Samsung ini membuktikan bahwa smartphone ini memiliki fitur yang banyak disukai masyarakat. Harga yang dibanderol juga bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang gila-gilaan namun dengan fitur yang canggih. Bahkan Samsung sering disebut-sebut sebagai rival dari iPhone.

Meski begitu, besarnya minat masyarakat terhadap HP Samsung ini dianggap memberikan kesempatan kepada para pedagang nakal untuk membuat Samsung palsu, atau yang biasanya disebut dengan Samsung replika atau Samsung supercopy. Jika produsen mengataka nproduk mereka adalah Samsung supercopy, maka tidak masalah. Berbeda cerita jika produsen tidak mengatakannya, maka hal tersebut yang harus Anda waspadai.

Asli atau Supercopy?

Jika Anda ingin membeli HP Samsung baru, maka cara berikut bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah HP Samsung yang akan Anda beli tersebut asli atau Samsung supercopy.

1. Kode Khusus

Terdapat kode khusus ntuk mengecek apakah smartphone Samsung yang akan Anda beli atau miliki merupakan smartphone yang asli atau tidak. Kode pertama adalah IMEI, masukkan kode *#06# pada smartphone Anda maka akan muncul nomor IMEI pada layar.

Setelah itu, segera cocokkan nomor tersebut dengan nomor IMEI yang ada pada dusbox atau situs khusus yang mengidentifikasi keaslian kode IMEI.Lalu Anda bisa mengecek versi firmware smartphone Anda dengan kode *#1234#. Apabila smartphone Anda bisa membaca kode-kode tersebut, maka bisa dipastikan smartphone Anda asli.

2. Cek Tulisan Merek

Cara ini bisa Anda lakukan sebelum mengecek sistem atau isi smartphone. Pertama, perhatikan tulisan Samsung yang terletak pada body smartphone tepatnya di bawah speaker.

Jika tidak menemukan tulisan Samsung pada tempat itu, maka ponsel tersebut adalah palsu. Tapi jika terdapat tulisan Samsung, cobalah untuk menggosok tulisan tersebut menggunakan kuku. Jika tulisan tersebut mengelupas, maka ponsel itu juga palsu.

3. Samsung Kies

Tidak hanya iPhone saja yang bisa dicek keasliannya menggunakan iTunes, HP Samsung juga bisa dicek keasliannya menggunakan Samsung Kies. Samsung Kies sendiri adalah software resmi Samsung untuk menghubungkan smartphone Samsung ke komputer atau PC.

Sebelumnya pastikan Samsung Kies sudah terpasang pada komputer atau PC Anda. Selanjutnya hubungkan smartphone Samsung dengan komputer atau PC Anda dengan menggunakan kabel USB. Jika Samsung Kies bisa mendeteksi smartphone Anda maka bisa dipastikan HP Anda asli. Namun jika tidak terdeteksi, maka bisa jadi bahwa smartphone Anda palsu.

4. Segel SEIN Pada Baterai

Baterai HP Samsung ori memiliki stiker hologram dan bertuliskan SEIN, sedangkan pada baterai Samsung palsu tidak dilengkapi stiker tersebut. Tetapi, jika stiker tersebut ada, perhatikan QR Qode yang tertera pada sisi disebelah bawah. Pada Samsung yang asli, QR Qode berukuran lebih besar daripada QR Qode pada Samsung palsu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah HP Samsung yang akan Anda beli ataupun yang sudah Anda miliki asli atau palsu. Jangan sampai Anda kecewa ketika sudah mengeluarkan uang untuk membeli smartphone baru, namun ternyata smartphone yang Anda beli adalah palsu.


EmoticonEmoticon