Senin, 31 Desember 2018

Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Mengatasi bayi cegukan berbeda dengan mengatasi cegukan pada usia dewasa yang mungkin bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Namun jika hal ini dialami oleh bayi yang baru lahir, tentu akan membuat Anda sebagai orangtua merasa khawatir. Sehingga melakukan berbagai cara untuk bisa mengatasi cegukan pada bayi agar cepat mereda. Bayi yang baru berusia 0 hingga 6 bulan memang rentan mengalami cegukan. Hal ini terjadi karena adanya reaksi otot diafragma yang mengencang secara tiba-tiba. Berikut ini cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Anda lakukan.




Cegukan pada bayi karena adanya reaksi diafragma mengencang secara mendadak serta tanpa disadari ini akan menutup pita suara sehingga menghasilkan suara khas saat cegukan. Cegukan yang kerap dialami oleh balita maupun bayi baru lahir pada umumnya merupakan sesuatu hal yang tidak berbahaya dan boleh dibilang hal wajar. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir jika cegukan yang terjadi tidak mengganggu kenyamanan. Namun jika cegukan dirasa sudah mengganggu kenyamanan bayi, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi bayi cegukan berikut ini :

1. Ubah posisi menyusui

Cara mengatasi bayi cegukan yang pertama adalah dengan mengubah posisi menyusui. Saat menyusui, terkadang ada udara yang ikut masuk ke dalam mulut bayi, hal ini yang menyebabkan bayi mengalami cegukan. Dengan mengubah posisi menyusui agar lebih nyaman dan lebih baik maka tidak akan udara yang ikut serta masuk bersama dengan ASI sehingga bayi tidak mengalami cegukan lagi. Jika setelah mengganti posisi bayi masih cegukan, sebaiknya hentikan proses menyusui untuk sementara waktu untuk menghindari risiko tersedak.

2. Memastikan posisi menyusui nyaman dan benar

Saat bayi mengalami cegukan, ada baiknya Anda mengecek posisi menyusui. Apakah sudah benar atau belum? Anda bisa memastikan areola dan puting masuk ke dalam mulut bayi untuk memastikan posisi menyusui benar. Pastikan juga jika posisi perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu. Dengan posisi yang benar, bayi akan dapat menyusu dengan perlahan dan terhindar dari cegukan.

3. Beri pelukan pada bayi

Memberikan sebuah pelukan pada bayi merupakan cara mengatasi bayi cegukan yang paling sederhana. Dengan memberikan pelukan pada bayi, ia akan merasa tenang. Saat tubuh bayi merasa terganggu dengan cegukan yang dialami, Anda bisa memeluk bayi dan memberikan rasa tenang sehingga bayi bisa berhenti cegukan dan kembali dalam keadaan normal.

4. Menepuk pelan bagian punggung bayi

Saat bayi mengalami cegukan, Anda bisa menepuk secara perlahan bagian punggung bayi dengan menggendong bayi dengan posisi berdiri, letakkan kepala bayi di pundakn Anda lalu tepuk perlahan punggung bayi hingga ia bersendaw. Cara ini dikenal cukup ampuh untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Cara mengatasi bayi cegukan memang cukup sederhana. Namun saat Anda telah melakukan beberapa cara di atas dan tetap tidak membuahkan hasil, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena menurut dokter spesialis anak yang juga seorang penulis buku dengan tajuk “Play and Learn”, cegukan pada umumnya akan hilang dengan sendirinya saat bayi tertidur.

Cegukan pada bayi akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi, cegukan tidak akan muncul karena perkembangan dan sistem keseimbangan pada tubuh bayi akan meningkat sesuai dengan usinya. Namun untuk meminimalisir rasa tidak nyaman ketika bayi mengalami cegukan, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan sebagai cara mengatasi bayi cegukan yang paling ampuh. 


EmoticonEmoticon