Jumat, 21 Desember 2018

Dukungan Ulama Madura untuk Pasangan Jokowi Ma’ruf Amin

Jokowi Ma’ruf Amin menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 di pemilihan umum 2019 mendatang. Jokowi dan Ma’ruf akan melawan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiago Uno. Persaingan mereka semakin memanas menjelang sesi debat pertama yang akan digelar pada bulan Januari mendatang.

Setiap pasangan mendapatkan aliran dukungan dari kubu yang berbeda. Pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin juga terus mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat, salah satunya adalah dari kalangan ulama. Dukungan para ulama untuk pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin baru saja dideklarasikan pada tanggal 19 Januari 2018 lalu.



Deklarasi dukungan para ulama untuk Jokowi dan Ma’ruf Amin digelar di Gedung Rato Ebuh, Madura, Jawa Timur. Acara tersebut dihadiri langsung oleh presiden Jokowi. Ada pula Yenny Wahid yang terlihat menghadiri acara. Selain itu ada beberapa tokoh yang juga ikut hadir seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah, politikus PDIP Pramono Agung, serta politikus PKB Abdul Kadir Karding.

Kedatangan Jokowi

Ada hal yang menarik dari kehadiran Jokowi di acara deklarasi tersebut. Jokowi tiba ke lokasi acara dengan menaiki dokar. Selain itu, perjalanan Jokowi hingga sampai ke lokasi juga diiringi dengan marching band. Kehadiran Jokowi ini menjadi pusat perhatian banyak orang terutama media yang datang untuk meliput berita.

Kehadiran Jokowi membawa makna tersendiri bagi para ulama yang hadir untuk memberikan dukungan. Jokowi sendiri hadir sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada para ulama yang telah menyatakan dukungan mereka kepada beliau dan calon wakil presiden Ma’ruf Amin.

Seperti kita tahu bahwa di pencalonannya kali ini Jokowi membuat keputusan besar untuk menggandeng seorang calon wakil presiden dari kalangan ulama. Setelah banyak spekulasi bermunculan, Jokowi mengumumkan dirinya akan menggandeng ulama Ma’ruf Amin. Hal ini menjadi berita besar dan kabar membanggakan bagi para ulama lainnya.

Dengan menggandeng seorang ulama dalam pemilu kali ini, tak heran jika pasangan Jokowi Ma’ruf Amin mendapatkan dukungan penuh dari kalangan ulama. Dukungan itu dideklarasikan secara resmi dan dihadiri langsung oleh sang presiden sekaligus calon presiden Jokowi.

Ulama yang Hadir

Deklarasi dukungan ini digelar oleh para ulama. Jadi ada banyak tokoh ulama yang hadir di acara tersebut. Di antaranya adalah ulama dari Bangkalan meliputi KH. Muhammad Faishal Anwar, KH. Syaifudin Damanhuri, KH. Abdul Azhim Kholily, KH. Zubair Muntashor, R.KH. Fakhrillah Aschal, dan KH. Abdul Muhaimin Makki. 

Sementara itu hadir pula Ulama dari Sampang seperti KH. Ja’far Wahid, KH. Syafiuddin Wahid, Jabir Ali Ridha, KH. Fauzan Zainal, KH. Afifudin Toha, KH. Hammid Mannan, dan masih banyak lagi. Kemudian ada pula ulama dari Sumenep seperti KH. Imam Hasyim, KH. Imam Khodri, KH. Panji Taufiq, dan lain sebagainya.

Semua ulama yang hadir dalam acara ini memberikan satu suara yaitu sebuah dukungan untuk pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Dengan deklarasi dukungan ini, pasangan nomor urut 1 ini telah mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat.

Sebentar lagi, pasangan Jokowi Ma’ruf Amin akan segera menghadapi babak baru dalam persaingan antar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tanggal 17 Januari 2019 besok, akan digelar debat pilpres pertama yang akan membuat babak persaingan pilpres 2019 akan menjadi semakin seru.


EmoticonEmoticon