Cari Mobil Bekas : Bagaimana Cara Merawat Mobil yang Benar?

Cari mobil bekas menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki mobil dengan budget yang rendah. Transportasi adalah salah satu kebutuhan yang penting di masa sekarang. Dalam segi keamanan dan kenyamanan, mobil adalah salah satu transportasi yang banyak dipilih pekerja golongan menengah. 


Servis yang baik dan teratur akan membuat mobil mempunyai usia yang lebih panjang. Banyak sekali bagian–bagian yang perlu diservis secara teratur. Namun, masih banyak orang yang hanya melakukan servis pada mobil saat ada penawaran di bengkel. Walaupun hal seperti itu tidak salah, tetapi ada banyak sekali masalah mobil yang kemungkinan muncul saat jeda pada servis lebih panjang.

Cara Merawat Mobil yang Benar

Mobil mungkin mengalami pengembunan pada lampu, catnya sudah mengelupas, atau rem sudah mulai aus. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara merawat mobil yang benar.

1. Tidak ada salahnya melakukan perawatan kecil sendiri

Pada sela antara servis, Anda bisa melakukan beberapa perawatan sederhana. Perawatan dan check up seperti cek rem, pemanasan mobil setiap hendak digunakan, penyucian mobil dan pembersihan interior akan menjaga mobil dari kerusakan kecil. Jika ditemukan masalah pada mesin atau rem yang parah, segera dibawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan secara menyeluruh.

2. Hati–hati

Saat mengendarai mobil, Anda harus hati–hati. Mobil mempunyai dimensi yang lebih besar dari motor sehingga untuk pengendara mobil yang baru harus menghindari mindset yang telah dimiliki sejak mengendarai motor, seperti zig–zag dan ugal–ugalan di jalan. Saat memilih aksesoris yang akan dipasang pun juga harus hati-hati karena mobil akan rusak dan akan mengurangi kenyamanan dan keamanan.

3. Cat mobil

Anda harus sering–sering mengecek bagian badan mobil. Cek cat pada mobil apakah sudah mau mengelupas atau kotor, cek apakah ada goresan pada sassis. Cuci mobil ketika terlihat kotoran mulai menumpuk. 

Saat mencuci, pastikan menggunakan sabun khusus untuk cuci mobil. Jika cat sudah mulai mengelupas, cari bengkel yang bisa memberi mobil cat ulang. Pastikan kualitas dan tampilannya cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Apalagi jika mobil yang dibeli adalah mobil bekas. Untuk Anda yang cari mobil bekas, perlu memperbarui cat agar penampilan mobil bisa terlihat lebih fresh. 

4. Bahan Bakar

Pemakaian bahan bakar juga harus diperhatikan. Bahan bakar yang kualitasnya jelek (seperti premium atau solar) walaupun murah, tetapi bisa merusak mesin. Usahakan setiap akan bepergian, isi bahan bakar dengan minyak berkualitas tinggi dan isi pada pom bensin resmi.

5. Oli mobil

Salah satu aspek yang bisa mempengaruhi kinerja mesin lain adalah oli. Inilah salah satu keuntungan servis yang teratur, dimana Anda bisa mengecek oli mesin. Jangka penggunaan maksimum oli biasanya adalah 5000 km atau 7500 km jika Anda sering terkena macet. Setelah jarak terpenuhi, segera ganti oli pada tempat servis resmi untuk mendapatkan oli berkualitas.

6. Radiator

Kebanyakan radiator mobil membutuhkan air untuk bekerja. Terkadang, banyak pengguna yang lupa untuk mengisi air radiator. Hal ini akan berakibat buruk bagi mesin karena kinerja radiator akan berkurang dan suhu pada mesin meningkat. Usahakan cek isi radiator setiap ingin bepergian. Perhatikan kualitas air yang akan digunakan, lebih baik menggunakan air khusus yang dijual pada toko–toko.

Itu dia beberapa cara merawat mobil dengan benar. Jika Anda melakukan perawatan yang benar maka peforma mobil bisa maksimal dan komponennya akan lebih awet. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label