Keuntungan Memiliki Hunian Apartemen Dibandingkan Rumah Tapak di Kota Besar

Bintaro merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan di bidang industri dan bisnis yang cukup pesat, terlebih lagi untuk perkembangan dalam hal bisnis properti seperti apartemen. Lokasi apartemen Bintaro bisa dibilang sangat menjanjikan karena dekat dengan kawasan maju seperti BSD city. Selain itu, akses transportasi yang baik juga merupakan salah satu penunjang majunya bisnis apartemen di Bintaro.


Bagi beberapa orang, mungkin masih mengalami kebingungan dalam menentukan hunian yang dipilih. Hal tersebut sangat wajar karena banyak orang yang lebih memilih untuk memiliki hunian tapak atas nama sendiri dari pada membeli atau menyewa apartemen. Namun, sebenarnya banyak kelebihan yang bisa diperoleh di apartemen seperti yang dijelaskan berikut ini.

Keuntungan Memiliki Hunian Apartemen

1. Keuntungan Finansial

Sebagian orang yang awam terhadap properti mungkin hanya berpikir bahwa apartemen hanyalah suatu tempat hunian saja. Padahal, memiliki apartemen bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, tetapi dapat disewakan atau diperjualbelikan. Dengan demikian, apartemen dapat dijadikan sebagai investasi atau sumber penghasilan pasif.

Hal ini yang membuat banyak orang membeli apartemen hanya sekadar untuk disewakan atau dijual di beberapa tahun kemudian. Dengan harga tanah yang setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan, dapat dibayangkan berapa banyak keuntungan penjualan yang bisa didapat. Namun, untuk melakukan investasi apartemen ini dibutuhkan modal yang cukup besar.

2. Perawatan dan pemeliharaan 

Hidup dan tinggal di apartemen pastinya diberikan berbagai macam fasilitas seperti dapur, kulkas, kamar, kolam renang, dan lain sebagainya. Supaya semua fasilitas tersebut dapat tetap berjalan dengan baik tentu harus dilakukan perawatan secara rutin. Berkaitan dengan hal ini, penghuni apartemen cukup membayar iuran atau maintenance untuk perawatan apartemen tersebut secara berkala.

3. Fasilitas

Seperti telah disebutkan di poin sebelumnya, pada apartemen biasanya dibangun dan dilengkapi berbagai macam fasilitas penunjang seperti pusat kebugaran, kolam renang, pusat perbelanjaan, trek jogging, akses transportasi dan fasilitas lainnya. Semua fasilitas tersebut tentu jarang didapatkan jika memilih tinggal di hunian tapak atau landed. 

4. Keamanan

Keunggulan lain dari tinggal di apartemen adalah mengenai keamanan. Pada umumnya, para pengembang apartemen atau kondominium akan memberikan sistem security atau keamanan yang bertingkat. Hal tersebut dimaksudkan supaya keamanan dan privasi para penghuni apartemen dapat terjamin dengan baik.

Para pengembang biasanya menempatkan banyak petugas keamanan untuk berjaga di setiap sudut kompleks apartemen. Selain itu, pengadaan CCTV pada tempat-tempat krusial juga menjadi salah satu hal yang menunjang tingkat keamanan apartemen. Semua keamanan tersebut tentu akan membuat penghuni apartemen dapat tinggal dengan nyaman dan tenang.

5. Ukuran

Banyak orang yang beranggapan bahwa tinggal di apartemen ukuran bangunannya terbatas sehingga tidak dapat leluasa untuk mengeksplorasi hunian. Akan tetapi anggapan seperti itu tidaklah selalu benar. Luas atau tidaknya suatu hunian sebenarnya tergantung dari penilaian masing-masing sehingga masalah ukuran luas hunian adalah hal yang relatif.

Mungkin untuk hunian lebih dari 4 orang, ukuran ruang apartemen akan terasa sangat sempit. Akan tetapi, jika apartemen hanya untuk hunian pribadi atau satu keluarga berisi 4 orang maka ukuran tersebut lebih dari cukup, terlebih lagi jika apartemen hanya dihuni oleh satu orang saja seperti pria atau wanita lajang.

6. Bersosialisasi

Orang yang tinggal di apartemen seringkali dianggap sebagai orang yang anti sosial dan juga individualis. Akan tetapi, tidak semua penghuni apartemen memiliki sifat yang seperti itu. Banyak juga penghuni apartemen yang membentuk suatu komunitas sosial sesama penghuni. Dengan begitu, hubungan antar penghuni apartemen dapat berjalan dengan baik dan tidak anti sosial.

Selain menjaga hubungan baik antar penghuni, adanya komunitas apartemen tersebut juga memberikan implikasi secara sosial dari jarak dekat. Hal tersebut seperti halnya yang seringkali dijumpai pada masyarakat yang hidup di pedesaan ataupun pinggiran kota. Selain itu, hidup rukun dan bertetangga di apartemen dapat menumbuhkan hubungan yang lebih intim antar penghuni dalam waktu yang lama.

7. Aksesibilitas 

Keuntungan yang paling dapat dirasakan secara umum dengan tinggal di apartemen adalah aksesibilitas yang mudah. Pada umumnya pengembang membangun lahan untuk apartemen di tempat yang strategis atau di jantung kota. Hal tersebut membuat semua akses baik kesehatan, perbelanjaan, transportasi dan lain sebagainya menjadi mudah terjangkau oleh para penghuni apartemen.

Salah satu contoh daerah dengan akses apartemen yang cukup baik adalah daerah Bintaro. Lokasi apartemen Bintaro dikenal memiliki akses transportasi yang cukup mudah. Selain itu, daerah Bintaro juga dekat dengan BSD city yang sudah terkenal sebagai daerah yang maju. Hal tersebut membuat lokasi ini dekat dengan berbagai macam pusat kebutuhan yang dibutuhkan penghuni.

Hidup di apartemen memang memiliki banyak sekali kelebihan, mulai dari fasilitas hingga akses transportasi yang mudah. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga yang harus dikeluarkan untuk dapat tinggal di apartemen cukuplah besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pertimbangan secara matang sebelum mengambil keputusan untuk tinggal di apartemen. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label